Immortal Beloved (1994)

Siapakah orang yang disayangi oleh Ludwig van Beethoven? Immortal Beloved mengajak kita mengikuti perjalanan Anton Felix Schindler, sahabat sekaligus sekretaris Beethoven, dalam mencari penerima surat wasiat setelah kematian Beethoven. Kita diajak mendengarkan cerita dari orang-orang yang pernah dekat dengannya. Tak banyak memang, layaknya orang jenius kebanyakan, dia punya sifat arogan yang membuat orang benci-benci suka kepadanya.

Film ini memanjakan telinga kita dengan iringan komposi-komposi Beethoven sekaligus menyiksa saat kita dipaksa untuk mendengarkan dengan telinga Beethoven. Hening. Iya, lebih dari setengah masa berkaryanya dalam keadaan kurang pendengaran hingga tuli total. Dalam keheningan itu kita dipaksa mengikuti bayangan imajinasi musik Beethoven dalam bentuk visual.

Sedikit bingung ketika banyak sekali nama untuk Beethoven, yang ternyata sebenarnya arti atau maksudnya sama. Dalam beberapa adegan Beethoven dipanggil dengan Ludwig, Louis, dan Luigi, yang setelah saya googling ternyata sama saja. Karena setting lokasi yang berbeda-beda, antar negara itulah yang menyebabkan perbedaan. Ludwig untuk wilayah dengan bahasa Jermanik, Louis Perancis, dan Luigi Itali (CMIIW).

(8/10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons