In Time (2011): ketika waktu adalah benar-benar uang

Telat nonton film ini, padahal udah lama banget di harddisk. :hammer:

In Time (IT) punya premis cerita yang keren. Di masa depan, saat dimana semua orang berhenti menua saat berusia 25 tahun, tapi dengan konsekuensi mereka cuman bisa hidup setahun lagi, kecuali mereka punya waktu tambahan lagi. Dan waktu menjadi Uang. Kita dapatkan dan habiskan. Orang kaya bisa hidup selamanya dan yang tidak? harus was-was tiap bangun tidur.

Spoiler Alert!

awas spoiler karena saya mau bahas detil film ini. di IT, semua orang punya jam yang tertanam di tangan mereka. liat gambar di atas. Tidak dijelaskan secara rinci bagaimana jam itu bisa tertanam sejak lahir, yang jelas ada hubungannya sama teori evolusi. Jam itu akan berjalan saat orangnya berusia 25. Jamnya berjalan mundur dengan hitungan detik seperti jam pada umumnya. Dan yang kejem adalah, kita beli apa2 dengan waktu yang kita punya itu.

Ada adegan yang nyesek, saat mau naik bis, harus bayar 2 jam. dan kalo jalan kaki juga ngabisin 2 jam. sementara waktu yang dia punya cuman 1:30:00 yang ada dia lari tapi ya gitu deh. mati keabisan waktu. bayangkan kalo beneran terjadi di Jakarta, ato Surabaya pas macet. Dijamin tiap jam berangkat dan pulang kerja bakal banyak mayat bergelimpangan.

Bagusnya adalah di sini gak ada yang namanya cheat ato apalah yang bisa nambahin waktu jam. satu-satunya cara ya kerja kayak biasa atau nyolong waktu orang. Nah seremnya adalah, jam di tangan itu lebih mirip dompet. kalau mau transfer/terima tinggal scan aja di scanner, dan kalo sesama orang tinggal salaman doang. Dan ibarat dompet adalah, kalo elu tidur, isi dompet lu bisa diambil orang, ato pun diisi uang oleh orang lain (meski hal ini jarang terjadi). Nah! di film ini juga begitu. bayangin aja. elu tidur disalamin orang dan langsung mati. -_- dan kalo ada orang yang punya waktu banyak tapi ditembak, maka orang itu (tentu saja) mati dan waktu ditangannya akan berhenti gak bisa diambil.

Dengan premis yang keren itu sayangnya cerita film ini standar aja. lebih ke arah robinhood. Rampok bank waktu dan dibagiin ke orang-orang miskin. gak ada plot twist ato apalah, tapi kalo ngikuti filmnya emang gak ada potensi twist, bahwa yang punya bank aja punya waktu yang terbatas, 1000 tahun. Dan sistem yang ada di pemerintah pun cuman bisa memonitor tanpa bisa memanipulasi waktu orang lain.

Gak ada twist sejarah ato konspirasi kenapa ada jam di tangan. Ini yang bikin ending filmnya biasa aja. Yah untungnya ada Amanda Seyfried yang berperan Sylvia Weis tampil tjakep dengan rambut pendeknya. dan wajah kejem-kejem kece cukup bisa membuat betah nonton film ini xD

Rating 8/10

Info detail cek IMDB: http://www.imdb.com/title/tt1637688/

*gambar dari imdb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons