Mencicipi Udon dan Tempura di MARUGAME UDON

IMG_20140703_170643

MARUGAME UDON — Udon & Tempura

Memang belum pernah saya tulis kalau saya sebenarnya adalah pencinta mi, mulai dari mi instant, mi pangsit, mi goreng, mi ayam, mi ramen dan mi…kirin jodoh. Oke, abaikan saja mi yang terakhir. Tanggal 3 Juli kemarin saya berkesempatan mengikuti press release sebagai blogger review untuk pembukaan MARUGAME UDON, restoran khas Jepang spesialis udon dan tempura, di Tunjungan Plaza 3 Surabaya.

Sebagai penyuka segala hal berbau Jepang, emang kurang afdol kalau belum nyobain udon, karena di Surabaya saya belum pernah menemukan resto yang menyediakan menu udon, kebanyakan ramen atau sushi.

Cukup mudah untuk menemukan Marugame Udon yang terletak di lantai 5 No. 37-44 Tunjungan Plaza 3 Surabaya ini. Saat naik eskalator sudah tampak Tulisan MARUGAME UDON yang memang letaknya cukup strategis, depan tangga jalan food court.

Saat saya sampai di sana, press release sudah di mulai. Pihak Marugame menjelaskan konsep dan sejarah brand Marugame yang ternyata sudah membuka beberapa cabang di Jakarta. Konsep yang ditawarkan adalah open kitchen dan freshly cooked, jadi kita bisa melihat proses memasak udon dan yang keren adalah freshly cooked jadi udon yang disajikan adalah udon yang dibuat hari itu juga. Bukan frozen atau yang dibuat hari sebelumnya.

Saat sesi tanya jawab adalah beberapa poin penting dan menarik. Marugame Udon ini sudah dalam proses sertifikasi halal dan dijamin memakai bahan-bahan yang aman dan halal, jadi buat yang muslim nggak perlu was-was lagi. Selain itu Marugame Udon dibuat dengan bahan-bahan terbaik, menariknya adalah bahan-bahan itu semua diusahakan berasal dari Indonesia. Memaksimalkan bahan-bahan lokal. :D

IMG_20140703_171841

Bahannya Tepung Terigu NINJA, bro. Keren gak tuh?!

Kebetulan press release ini bertepatan dengan waktu buka puasa jadi sekalian diadakan buka bersama. Awalnya disuguhkan beberapa camilan ringan yang cukup menarik sebagai takjil.

Takjil

Takjil

Setelah menikmati takjil yang yummy, langsung saja ke menu utama yaitu Udon dan Tempura. Marugame punya banyak pilihan menu, selain udon dan tempura sebenarnya ada juga nasi tapi tentunya saya lebih tertarik mencoba udon. Udon sendiri terdiri dari 8 pilihan jenis. Karena bingung, saya pun meminta rekomendasi mbak-mbak pramusaji yang unyu kawaii.

mbak-mbak Marugame :3

mbak-mbak Marugame Udon :3

Mbaknya menyarankan saya untuk mencoba Niku Udon, udon dengan topping daging sapi dan kuah kaldu ikan. Sebagai pendamping hidup, saya memilih mbaknya. Eh salah, sebagai pendamping udon, saya memilih Beef Croquette dan Broccoli Tempura dari 11 pilihan tempura. Untuk minumnya saya memilih minum standar yaitu Cold Ocha. Di Marugame Cold Ocha-nya itu free refill, jadi kita bisa nambah lagi kalau habis, sepuasnya. Sepuasnya loh, catet, tapi ya jangan bawa galon dari rumah terus minta refill, jangan.

Niku Udon

Niku Udon + Beef Croquette dan Broccoli Tempura

Pertama kali ngelihat Udon. Wih, mie-nya gede-gede broh. Bahkan lebih gede ketimbang sumpitnya. Saya coba mencicipi kuahnya, rasa kaldu ikannya terasa. Kuat banget aromanya. Lalu saya coba makan udonnya. Terasa sekali tekstur kenyal dan lembut dari udon. Dipadu dengan toping daging sukiyaki yang juga terasa kenyal membuat ketagihan untuk terus-menerus melahap sampai habis. Nagih banget.

Untuk Brokoli Tempuranya sangat renyah, canpuran kentang dan brokoli sangat gurih apalagi jika dicocol kecap tempura yang disediakan di meja. Gak nahan bro. Sedangkan Beef Croquette, awalnya saya kita bakalan seperti perkedel yang agak keras, ternyata saya salah, dari luar kulitnya sangat krispi dan saat digigit, isinya lumer begitu saja, lembut. Karena udah makan banyak saya pun minum Cold Ocha, yang saya rasakan adalah tawar, memang ocha itu hampir mirip dengan teh tawar. Tapi saya sangat suka Cold Ocha Marugame ini, karena tidak pahit dan malah menyegarkan.

Begitulah hasil incip-incip saya di Marugame Udon & Tempura di Tunjungan Plaza 3 Surabaya. Restoran ini dibuka untuk umum tanggal 5 Juli hari ini, Sabtu, jadi cocok buat yang punya pacar atau keluarga untuk sekalian buka puasa bersama di sini. Apalagi suasana restoran yang kental dengan khas Jepang ini sangat cozy.

Harga udon berkisar  Rp 33.000 hingga Rp 50.000. Sedangkan untuk Tempura Rp 7.000 hingga Rp 14.000/pcs. Mahal? Eits jangan salah, gak rugi deh makan Udon di sini karena porsinya yang lumayan besar dan bikin kenyang. Bahkan waktu pak manajer mendatangi meja kami dan bertanya “Untuk meja ini, apa ada kekurangan?” saya malah bilang “gak kurang pak, ini malah kebanyakan pak” sambil nepuk-nepuk perut. hahaha. Atau mungkin buat kalian yang punya pacar bisa saja beli satu mangkok untuk berdua, itu bagi yang punya pacar loh ya, kalo kayak saya gini sih ya makan sendiri aja deh #lohkokcurhat.

Karena belum puas untuk incip-incip lainnya, apalagi katanya Egg Tempura itu andalan marugame dam sayangnya saya gak sempat incip-incip, jadi saya bakal sering ke sini lagi. Mau ikut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons