Word of the Day: Wota

wota
Wota sebenernya tidak berbeda jauh dengan Otaku. Apa itu Otaku? Menurut artikel di wikipedia berbahasa inggris, Otaku adalah orang yang ter-obsesi pada khususnya anime, manga dan video games, tentunya ini berhubungan dengan negara Jepang.

Bagi yg belum ngerti apa itu anime, manga dan video games, ini istilah sederhananya:
Anime = Film Kartun Jepang
Manga = Komik Jepang
Video Games = ….(Halah kalo ini ga usah di jelasin, kalo kamu ga ngerti cari sendiri di primbon mbah gugel)

Sedangkan Wota adalah lebih khusus lagi yaitu sekelompok orang yang ngefans berat ama penyanyi (terutama cewek) jepang, entah itu yg solo maupun grup. Istilah Wota lebih banyak di kenal bagi fans berat Morning Musume dan grup se-payung dengannya seperti Berryz Koubou, Buono!, C-ute dkk. Mereka tergabung dalam Up-Front Agency atau dalam H!P Hello Project.
buono
ini H!P Buono salah satu idol favorit saya :wowcantik

Ada yg mengatakan bahwa Wota berasal dari kata Otaku juga, dimana “Wo” bisa di baca “O” dalam bahasa jepang. Kata Wota menurut wikipedia berasal dari kata Wotagei atau otagei (ヲタ芸 atau オタ芸?) yang merujuk pada tipe tarian/dance atau gerakan sorak-sorak (cheering gestures) yang dilakukan para wota melibatkan lompatan, tepuk tangan, lambaian lengan dan meneriakkan slogan-slogan.

salah satu contohnya

coba bandingkan dengan alay-dahsyat yang pake gerakan cuci-cuci-jemur-jemur pasti beda jauh hahaha :ngakaks
sumber:
1. http://en.wikipedia.org/wiki/Wotagei

2. http://en.wikipedia.org/wiki/Otaku

You may also like...

2 Responses

  1. wowww says:

    kalo boleh saya koreksi dan tambahin dikit gan,

    “Kata Wota menurut wikipedia berasal dari kata Wotagei atau otagei”

    yang sebenarnya “wota” berasal dari kata “otaku” yang saat itu konotasinya cenderung ke penggemar manga/anime.

    Untuk membedakan golongan “otaku idol” dari “otaku” lainnya maka mereka menyebut dirinya “wota (ヲタ)” yang pengucapannya sama dengan “ota (オタ)” dari “otaku (オタク) setelah menghilangkan karakter “ku” sebelumnya.

    Wotagei sendiri adalah turunan dari “wota”, yang maksudnya “seni/performance dari wota”. Wotagei ini dilakukan saat konser idolnya, dan sebenarnya merupakan pengembangan cheers / gerakan yang sudah ada dari tahun 60-an. Saat itu segmen “idol” baru lahir dan penggemarnya membentuk “ouendan” atau cheering squad, seperti yang ada di event olahraga, namun bedanya ini di konser musik.

    Sedangkan kata “otaku” sendiri adalah salah satu cara mengatakan “Anda” dalam bahasa Jepang. Seperti di Indonesia (kau, kamu, engkau, Anda), Jepang pun memiliki banyak cara menyebut “Anda” (anata, anta, omae, teme, kisama, otaku) tergantung kesopanan, situasi saat berbicara, daerah dan dialek.

    “Otaku” biasa digunakan saat berbicara dengan orang yang kita tidak terlalu dekat dengan-nya atau pada saat suasana formal. Kemungkinan kata “otaku” sering dipakai oleh para otaku saat berkomunikasi antar sesamanya. Kalau di Bahasa Indonesia, mekanisme-nya mungkin bisa disamakan dengan para forumer memanggil sesamanya dengan sebutan “Agan”.

  2. It’s laborious to find educated folks on this subject, however you sound like you understand what you’re talking about! Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *