Alasan singkat kenapa lebih baik perpanjangan SIM di SIM Corner

–biar enak, saya pake kata ‘gue’

Berikut ini alasan singkat kenapa lebih baik perpanjangan SIM di SIM Corner dari pada di samsat.

Perpanjangan SIM di Samsat

Tahun lalu, SIM gue udah abis masa berlakunya sejak pertama kali punya 5 tahun yang lalu, pas masih SMA. Awalnya gue mau nyoba ke SIMCorner tapi kurang jelas infonya, dan bapak gue cuma taunya di samsat, maka gue memutuskan ke samsat Sidoarjo pagi hari jam 7an, dengan settingan gue seorang newbie, yak sebenernya gue emang blo’on. Intinya sih gue bener-bener gak tau, lagian dulu waktu bikin dibantu. hahaha.

Akhinya, gue mendekati ke pos informasi, yang jaga seorang bapak polisi yang udah tua, gue pun bertanya “pak mau perpanjangan SIM C gimana?”

Bapak polisi itu dengan malas menjawab “KTP dan sim lama, dan ini mana mapnya? beli sana di koperasi.”

Dapet jawabannya yang ngeselin gitu saya menggerutu dalem ati, tapi tetep cabut ke koperasi yang jaraknya agak jauh, di depan pinggir jalan. Di sana beli map plus formulir dan sekaligus foto kopi KTP dan SIM. abis itu balik dan ngisi formulir. Dan gue sadar kalo nggak bawa bolpen. demit. untung aja ada ibu-ibu jualan makanan dan jual bolpen juga. aji mumpung kali ya.

Setelah ngisi, balik lagi saya ke pakpol tua tadi. Dengan malas beliau lagi-lagi jawab kalau gue harus tes kesehatan, dan asuransi bla-bla-bla. Untuk tes kesehatan, kalo di Sidoarjo harus ke depan di bangunan kecil sebelahnya samsat, yang berarti jalan lagi ke depan, di sana tes kesehatan standar, tensi, bla bla bla, dan tentunya bayar biaya tes kesehatan dan asuransi. Tesnya pun kayak semacam formalitas aja.

Abis tes, balik lagi ke pakpol tua, dia bilang kalo gue harus  ke bagian arsip dulu di gudang belakang. Sampe di sana, cuman formalitas aja. nggak yakin gue kalo orang arsipnya nyari di gudang segitu banyaknya.

Lagi-lagi gue balik ke pakpol tua, dia bilang semacam “nah gini kek lengkap.” Yaelah kalo ada tutorialnya yang runut dan jelas pasti nggak kek gini pak. apalagi harus jalan sana sini. Setelah itu gue disuruh bayar buat biaya perpanjangan SIM di Bank Jatim. Iye bukan langsung aja dibayar di situ.

Errr… gue tanya dimana banknya, si polkis diem aja. Gue pun menggerutu keluar dari situ, dan baru sadar kalo ada bank di sebelah bangunan itu, dan akhirnya antrilah saya di sana, sampe mau ketiduran saking lamanya antri buat bayar. dan sebagai catatan, tellernya kebetulan tidak cantik.

Setelah antri, balik lagi ke polkis tua tadi, disuruh antri foto. Setelah lama foto, akhirnya foto juga. tapi di tempat foto gelap banget yak. Wajah gue yang item jadi tambah keliatan item :hammer: setelah foto nunggu  lagi sampe SIM jadi.

Dan akhirnya SIM gue pun jadi. total waktu yang dihabiskan dari jam 7 sampe jam 10. lama banget kan? dan gak efisien banget harus mondar-mandir sana sini, pantes banyak yang nawarin bantuan. ohiya ini pengalaman akhir 2012 sih, mungkin sekarang (semoga) udah berubah. gue juga agak-agak lupa urutannya. :hammer:

Perpanjangan SIM di SIM Corner

Beberapa bulan kemudian, ternyata SIM bapak gue juga abis, dan gue saranin buat nyoba ke SIM Corner aja. Keunggulan SIM Corner adalah jamnya yang lebih panjang dari pada samsat.  Jadi kami berangkat setelah magrib. Sampe di sana bapak cuman ambil formulir dan langsung disuruh bayar. Formulirpun gak diisi, dengan artian bahwa tidak ada data yang berubah. Jadi cukup bayar lalu antri foto.

Gue yang ikut kesana, cuman jalan-jalan sebentar ngeliat TV LED plasma yang gede seakuarium, dan berharap-harap, kapan gue punya tive segede ini. Gak sampe sejam. Bapak udah nyamperin gue.

iya. SIMnya udah jadi kurang dari 2 Jam.

Kampret bener.

One thought on “Alasan singkat kenapa lebih baik perpanjangan SIM di SIM Corner

  1. 2010 aku perpanjang diSamsay corner giant sun city.cm 1jam uda kelar.ni td mw perpanjang disitu….buset antrinya banyak bener padahal tu samsat corner blom buka uda ada 50an orang antri (9.30) n katanya sehari dibatasi 125 orang perpanjang sim.ane g jd deh perpanjang sim krna dikejar waktu kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons